Disisplin Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Jurusan IKK FPP UNP

Nuraini, Fatimah (2019) Disisplin Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Jurusan IKK FPP UNP. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_01_FATIMAH_NURAINI_583_1302811_2019.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya disiplin belajar pada pembelajaran mata kuliah praktik Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Keahlian Tata Busana Jurusan IKK FPP UNP. Kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang memberi dampak pada proses pembelajaran, terutama pada pembelajaran mata kuliah praktik.Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai disiplin belajar pada pembelajaran mata kuliah praktik Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Keahlian Tata Busana Jurusan IKK FPP UNP, dengan indikator (a) ketepatan waktu dalam pembelajaran praktik (b) kesiapan bertindak dalam pembelajaran praktik (c) kualitas perbuatan dalam pembelajaran praktik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi berjumlah 144 orang mahasiswa Prodi PKK Keahlian Tata Busana Jurusan IKK FPP UNP, sampel berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Systematic Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kusioner) dan analisis data menggunakan spss 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata rata pencapaian responden disiplin belajar mahasiswa pada pembelajaran mata kuliah praktik berada pada kategori cukup baik yaitu 74,79%. Hal ini ditunjukkan dari tiga indikator disiplin belajar mahasiswa pada pembelajaran praktik antara lain indikator ketepatan waktu yaitu 72,44% yang berada pada kategori cukup baik. Hal ini berarti sebagian mahasiswa Prodi PKK Keahlian Tata Busana yang hadir tepat waktu dan sebagian yang menyelesaikan tugas tepat waktu. Indikator kesiapan bertindak yaitu 73,26% yang berada pada kategori cukup baik. Hal ini berartisebagian mahasiswa Prodi PKK Keahlian Tata Busana yang mempersiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran praktik, sedangkan indikator kualitas perbuatan yaitu 78,68% yang berada pada kategori cukup baik. Hal ini berarti sebagian mahasiswa Prodi PKK Keahlian Tata Busana masih ada yang tidak mematuhi peraturan dan sebagian juga yang tidak bertanggungjawab terhadap tugas pada pembelajaran praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:15
Last Modified: 16 Sep 2021 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33778

Actions (login required)

View Item View Item