Hematologi Ikan Garing (Tor Tambra) Pada Aliran Sungai yang Tercemar Pestisida di Sungai Batang Gadis Mandailing Natal Sumatera Utara.

Putri, Neva Dwinanda (2021) Hematologi Ikan Garing (Tor Tambra) Pada Aliran Sungai yang Tercemar Pestisida di Sungai Batang Gadis Mandailing Natal Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NEVA_DWINANDA_PUTRI_17032066_2155_2021.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Profil hematologi yang meliputi nilai hematokrit, jumlah eritrosit, jumlah leukosit dan kadar hemoglobin dapat digunakan untuk menentukan keadaan kesehatan dan diagnosis penyakit ikan. Hal ini dapat dilihat dari perubahan parameter darah ikan dimana darah merupakan bagian penting dari sistem transport dan merupakan faktor internal yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan karena darah berfungsi untuk mengedar makanan, oksigen, serta hormon dan enzim ke organ yang memerlukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil hematologi ikan tambra (Tor tambra) yang terkontaminasi pestisida di Sungai Batang Gadis Mandailing Natal, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan purposive sampling. Ikan Tambra ditangkap kemudiandisortirikandenganukuran 27-35 cmlaludibius, kemudian dilakukan pengambilan darah pada vena caudalis dengan spuit 1 ml dan darah dimasukkan ke dalam tabung vacutainer EDTA. Pemeriksaan hematologi untuk menilai nilai hematokrit, jumlah eritrosit, jumlah leukosit, dan hemoglobin darah ikan. Hasil penelitian menunjukkan jumlah leukosit 25,25-46,4x104 sel/mm3, jumlah eritrosit 1,03-9,87x106 sel/mm3, nilai hematokrit 18-19%, hemoglobin 9-11g/dl. Nilai eritrosit dan leukosit meningkat, sedangkan nilai hematokrit dan hemoglobin menurun. Ini menandakan bahwa kondisi hematologi ikan garing di sungai batang gadis yang tercemar pestisida berada pada kondisi yang berbeda dari nilai hematologi ikan air tawar secara normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:31
Last Modified: 15 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33753

Actions (login required)

View Item View Item