Kajian Teknis Kemajuan Lubang Bukaan Yang Optimal Pada Penambangan Bijih Emas Di PT Dempo Maju Cemerlang Kenagarian Tambang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Matondang, Ririn Hanriesta Br (2021) Kajian Teknis Kemajuan Lubang Bukaan Yang Optimal Pada Penambangan Bijih Emas Di PT Dempo Maju Cemerlang Kenagarian Tambang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_RIRIN_HANRIESTA_BR_MATONDANG_19137083_414_2021.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

PT. Dempo Maju Cemerlang merupakan perusahaan yang bergerak di industri pertambangan emas di Indonesia. PT. Dempo Maju Cemerlang menggunakan sistern penambangan tambang bawah tanah dengan metode shrinkage. Kegiatan penambangan bawah tanah di PT. DMC dibagi menjadi dua aktivitas yaitu produksi dan development. Kegiatan peledakan berperan penting dalam siklus penambangan untuk dapat membongkar ore ataupun waste agar dapat dibawa keluar dari area penambangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lubang bukaan sesuai dengan yang direncanakan oleh perusahaan dengan nilai kemajuan yang lebih baik. Keberhasilan suatu peledakan dapat dinilai dari hasil kemajuan yang didapatkan. Hasil peledakan di PT. DMC belum mencapai target kemajuan yang telah ditentukan oleh perusahaan yaitu 1,5 m I peledakan. Rata-rata kemajuan yang diperoleh setiap peledakan yaitu 1,216 m, fragmentasi hasil peledakan aktual rata-rata berukuran 20 cm, volume peledakan aktual rata-rata 4,0699 kg/m ' dengan nilai powder factor rata- rata 1,889 kg/ton, dan jumlah bahan peledak yang digunakan untuk 22 lubang ledak yaitu 20 kg. Setelah dilakukan rancangan dan uji coba terhadap geometri peledakan rekomendasi diperoleh nilai kemajuan rata-rata 1,51 m, fragmentasi yang dihasilkan juga lebih baik dengan ukuran rata-rata 50 cm, volume rata-rata sebesar 5,0637 kg/rrr', nilai powder factor rata-rata 1, 13 7 kg/ton, dan jumlah bahan peledak yang digunakan untuk 22 lubang ledak yaitu 15 kg. Jadi setelah dilakukan uji coba dengan geometri rancangan maka diperoleh peningkatan terhadap kemajuan lubang bukaan hasil peledakan sebesar 0,294 m untuk satu kali peledakan, volume juga meningkat kurang lebih 0,9938 kg/m ', nilai powder factor dari hasil peledakan lebih kecil yang berarti fragmentasi hasil peledakan lebih bagus dan terjadi penghematan pemakaian bahan peledak 5 kg untuk satu front peledakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:30
Last Modified: 15 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33748

Actions (login required)

View Item View Item