Evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Penambangan Batubara PT. Nusa Alam Lestari, Desa Salak, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat

Edmon, Rinad (2021) Evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Penambangan Batubara PT. Nusa Alam Lestari, Desa Salak, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_RINAD_EDMON_19137082_620_2021.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

PT. Nusa Alam Lestari adalah perusahaan tambang batubara bawah tanah yang berlokasi di Desa Salak, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat. PT. Nusa Alam Lestari telah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam aktifitas penambangan, namun penerapan tersebut masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya rambu-rambu serta poster K3 di area kerja, belum optimalnya penggunaan alat pelindung diri (APD), beberapa pekerja yang tidak mematuhi peraturan perusahaan, terjadinya kecelakaan kerja, beberapa pekerja yang membantah bila diberi arahan, perlunya perevisian job safety analysis (JSA) dan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ada, serta pembuatan JSA dan SOP yang dibutuhkan. Pengevaluasian K3 yang telah diterapkan menggunakan kuesioner dengan nilai pengetahuan 75,74, nilai sikap 85,27, dan nilai tindakan 79,91. Dimana hasil keseluruhan kuesioner dengan nilai80,31. Apabila nilai tersebut disesuaikan berdasarkan skala likert yang dimiliki berada pada rentangan sangat bagus (80-100). Dilakukan perevisian dan pembuatan JSA dan SOP pada kegiatan pengecekan gas, pengoperasian jack hammer, kegiatan produksi, pengoperasian lori, dan pengangkutan batubara menuju stockpile.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:30
Last Modified: 15 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33740

Actions (login required)

View Item View Item