Financial Feasibility Study Pemungutan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Menggunakan Sistem Parkir Elektronik: Study Kasus Jl. Permindo Kota Padang

Martasya, Risa (2021) Financial Feasibility Study Pemungutan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Menggunakan Sistem Parkir Elektronik: Study Kasus Jl. Permindo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RISA_MARTASYA_17133080_182_2021.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemungutan retirubusi parkir di Jl. Permindo Kota Padang menggunakan sistem parkir elektronik layak secara financial atau tidak dengan menggunakan metode Net Present Value (NPV), Internal Rate of Raturn (IRR), Benefit Cost Ratio (BCR), dan Payback Pariod (PBP), yang terdapat permasalahan yaitu pendapatan retribusi parkir di tepi jalan umum tidak dikelola secara maksimal. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer di dapat dari data Target dan Realisasi Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum untuk Tahun 2017 – 2019 yang diperoleh dari Badan Pendapatan Daerah Kota Padang, kendaraan yang parkir di Jl. Permindo, jumlah petak parkir dan waktu parkir yang diperoleh dari penelitian lapangan selama satu bulan. Untuk data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal – jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem parkir elektronik layak karena memenuhi syarat untuk layak investasi yaitu NPV >0, BCR >1, dan IRR > suku bunga pinjaman dengan 2 bentuk skenario. Skenario pertama yaitu tarif kendaraan berdasarkan keadaan di lapangan, untuk kendaraan mobil Rp.3000 dan untuk motor Rp.2000. Untuk skenario yang kedua menggunakan tarif progresif, yaitu 1 jam pertama untuk kendaraan mobil Rp.4000 dan untuk Motor Rp.2000, selanjutnya untuk parkir lebih dari 1 jam akan dinaikkan tarifnya, untuk kendaraan mobil Rp.2000 per jam dan untuk motor Rp.1000 per jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL FEASIBILITY, RETRIBUSI PARKIR, SISTEM PARKIR ELEKTRONIK
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 May 2022 08:03
Last Modified: 31 May 2022 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33727

Actions (login required)

View Item View Item