Analisis Tingkat Kepuasaan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan RSUD M.Zein Painan Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis.

Widdyka, Mhd Wayan (2021) Analisis Tingkat Kepuasaan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan RSUD M.Zein Painan Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_MHD_WAYAN_WIDDYKA_17037080_1154_2021.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di RSUD M. Zein Painan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Permasalahan dalam penelitian ini adanya keterlambatan pengambilan obat akibat kehilangan resep dokter dan permasalahan kekurangan oksigen yang dikeluhkan pasien rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pasien, mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan pasien dan mengetahahui atribut-atribut kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang menggunakan pelayanan kesehatan di RSUD dan sampel berjumlah 97 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 27 item pertanyaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, pelanggan merasa puas dengan pelayanan di RSUD M. Zein Painan dengan nilai Customer Satisfaction Index sebesar 60,79%. Penilaian menurut pelanggan mengenai pelayanan di RSUD berdasarkan hasil Importance Performance Analysisterjadi tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan dan ada juga tidak terjadi kesesuaian antara harapan dan kenyataan. Hal ini dijabarkan padabeberapa kinerja yang harus ditingkatkan yaitu fasilitas gedung yang berdaya tarik visual, fasilitas kebersihan toilet di rumah sakit, kemudahan untuk memperoleh buku petunjuk/leaflet tentang informasi pelayanan, dapat diandalkan dalam menangani masalah jasa pelanggan, ketetapan dan kecepatan pelayanan pasien, karyawan yang mampu menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan perhatian secara individual kepada para pelanggan dan usaha mengenal lebih dekat dengan pasien & keluarga pasien. Kinerja yang harus dipertahankan yaitu kelengkapan peralatan medis yang mendukung, kebersihan dan kerapihan para petugas/karyawan, menyimpan dokumen/catatan tanpa kesalahan, karyawan yang memperlakukan pelanggan secara penuh perhatian, dan waktu beroperasi yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:12
Last Modified: 15 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33725

Actions (login required)

View Item View Item