Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Produk Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Morus macroura Miq.) Isolat JDT 1B Menggunakan Pelarut Polar.

Pela, Marsia (2021) Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Produk Fermentasi Bakteri Endofit Andalas (Morus macroura Miq.) Isolat JDT 1B Menggunakan Pelarut Polar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MARSIA_PELA_17032102_2057_2021.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh mikroba resisten masih menjadi masalah kesehatan yang utama dibeberapa negara, khususnya di negara berkembang. Dibutuhkan senyawa aktif antibakteri baru untuk mencegah peningkatan infeksi akibat mikroba yang resisten. Salah satunya dengan memanfaatkan bakteri endofit. Isolat JDT 1B merupakan salah satu bakteri endofit dari tumbuhan Andalas (Morus macroura Miq.) yang mampu menghasilkan senyawa antibakteri. Senyawa aktif antibakteri dari bahan alam dapat diperoleh melalui proses ekstraksi, dimana yang berperan sebagai tenaga pemisah adalah pelarut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis pelarut polar dan konsentrasi ekstrak, serta mengetahui interaksi antara jenis pelarut polar dan konsentrasi ekstrak terhadap aktivitas antibakteri produk fermentasi bakteri endofit Andalas isolat JDT 1B dalam menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan bakteri Gram negatif. Senyawa aktif dari medium fermentasi diekstraksi menggunakan pelarut etanol, aseton, isopropanol, dan butanol dengan masing-masing konsentrasi 6,25%, 12,5%, 25%, dan 50%. Aktivitas antibakteri ekstrak pada masing-masing konsentrasi dianalisis menggunakan RAL faktorial. Setiap perlakuan terdiri dari 3 ulangan. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi kertas cakram terhadap mikroba uji, yang terdiri dari bakteri Gram positif (Staphylococcus aureus) dan bakteri Gram negatif (Escherichia coli). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelarut etanol adalah jenis pelarut polar terbaik dalam mengekstrak senyawa aktif antibakteri produk fermentasi bakteri endofit Andalas isolat JDT 1B dalam menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif. Konsentrasi ekstrak terbaik dalam menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif adalah 50%. Tidak terdapat interaksi antara jenis pelarut polar dan konsentrasi ekstrak terhadap aktivitas antibakteri dalam menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:14
Last Modified: 14 Sep 2021 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33720

Actions (login required)

View Item View Item