Pengaruh Latihan dengan Menggunakan Target Point terhadap Keterampilan Heading Sepakbola di SSB PSP Bangko Kab. Merangin Prov. Jambi

Fadillah, Tezar (2021) Pengaruh Latihan dengan Menggunakan Target Point terhadap Keterampilan Heading Sepakbola di SSB PSP Bangko Kab. Merangin Prov. Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TEZAR_FADILLAH_1306984_266_2021.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Masalah yang terdapat didalam penelitian ini ialah kurang bervariasi nya bentuk latihan heading sehingga pemain di sekolah sepakbola ini merasa bosan dengan latihan yang masih menggunakan bentuk latihan lama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bentuk latihan baru dan mengetahui apakah ada pengaruh dari penambahan bentuk latihan heading yang baru terhadap keterampilan heading di SSB PSP Bangko. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Bertempat di Stadion Bumi Merangin Kabupaten Merangin, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober s.d November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain yang terdaftar di SSB PSP Bangko yang berjumlah 20 pemain dari 26 pemain yang terdaftar. Data peneltitian didapatkan dengan melakukan tes awal (pretest) dengan mengambil jumlah point yang didapat pemain dengan melakukan heading serta melakukan tes akhir (posttest) mengambil jumlah point dengan heading. Data yang diperoleh di analisis dengan analisi deskriptif. Hasil penelitian dan analisis data dengan uji signifikan korelasi Pearson Product Moment ditemukan nilai koefesien korelasi sebesar 0,775 ternyata lebih besar dari r tabel 0,444 Dengan demikian koefisien korelasi 0.775 itu signifikan. Selanjutnya dengan koefesien determinan di temukan data r adalah (0,775)2 = 0,6006. Ini artinya varian yang terjadi pada variabel keterampilan heading 60,06%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan dengan menggunakan target point terhadap keterampilan heading. Pengaruh latihan dengan menggunakan target point terhadap keterampilan heading adalah sebesar 60,06% ditentukan oleh variabel latihan dengan menggunakan target point, sedangkan sisanya sebesar 39,94% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:13
Last Modified: 14 Sep 2021 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33715

Actions (login required)

View Item View Item