Pengaruh Bencana Alam, Perubahan Iklim, dan Kualitas Lingkungan terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Safitri, Safitri (2019) Pengaruh Bencana Alam, Perubahan Iklim, dan Kualitas Lingkungan terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_09_SAFITRI_6149_15060118_2019.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Bencana Alam terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia, (2) Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia, dan (3) Pengaruh Kualitas Lingkungan terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesai, (4) Pengaruh Bencana Alam, Perubahan Iklim, dan Kualitas Lingkungan terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data panel dari tahun 2014 hingga tahun 2017. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah model persamaan linear berganda. Hasil penelitian ini mengestimasi persamaan linear berganda (OLS) dengan model yang terpilih adalah Random Effect Model yang memperlihatkan bahwa bencana alam berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, perubahan iklim berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, kualitas lingkungan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan untuk meningkatkan penanggulangan bencana alam baik pra bencana maupun pasca bencana, serta meningkatkan kualitas lingkungan dengan mengurangi pencemaran yang terjadi. Perlunya kerjasama masyarakat, pemerintah, serta wisatawan mancanegara untuk mencari informasi sebelum kegiatan wisata dilakukan, dan perlunya menjaga kualitas lingkungan agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Diperlukan kebijakan-kebijakan agar tidak ada pelanggaran yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:38
Last Modified: 14 Sep 2021 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item