Pengaruh Penambahan Sorbitol Tehadap Kualitas Plastik Biodegradable dari Pati Biji Alpukat dengan Carboxymethyl Cellulose (CMC)

Margaretha, Lydia (2021) Pengaruh Penambahan Sorbitol Tehadap Kualitas Plastik Biodegradable dari Pati Biji Alpukat dengan Carboxymethyl Cellulose (CMC). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_LYDIA_MARGARETHA_16034046_59_2021.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Selama ini plastik yang digunakan terbuat dari bahan polimer sintetis yang sulit untuk terurai di alam dan ketersediaannya sangat terbatas. Penggunaan plastik sintetis terus meningkat setiap tahunnya dan memberikan dampak berupa pencemaran lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan mengenai sampah plastik yaitu dengan menggantikan pemakaian plastik sintetis dengan plastik biodegradable. Bahan untuk pembuatan plastik biodegradable dapat diperoleh dari tanaman salah satunya adalah pati biji alpukat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi CMC sebelum diberi penambahan sorbitol terhadap ketebalan, nilai kuat tarik dan elongasi plastik biodegradable dari pati biji alpukat, mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi sorbitol sebelum diberi penambahan CMC terhadap ketebalan, nilai kuat tarik dan elongasi plastik biodegradable dari pati biji alpukat dan mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi sorbitol dengan bahan pencampur berupa pati biji alpukat dan CMC terhadap kualitas plastik biodegradable yang meliputi uji ketebalan, uji kuat tarik, uji elongasi dan uji biodegradasi plastik biodegradable. Penentuan kualitas plastik biodegradable didasarkan pada hasil uji ketebalan, uji kuat tarik, uji elongasi dan uji biodegradasi plastik biodegradable. Pada penelitian ini dilakukan penambahan sorbitol yang berperan untuk menghasilkan plastik yang elastis dan dilakukan penambahan Carboxymethyl Cellulose (CMC) yang berperan dalam meningkatkan kekuatan tarik plastik biodegradable. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan. Tahap pertama adalah memvariasi CMC sebanyak 15%, 20% dan 25% (b/b pati) dan sorbitol 0% b/b pati, tahap kedua adalah memvariasikan sorbitol sebanyak 20%, 30%, 40% (b/b pati) dan CMC 0% b/b pati, tahap ketiga adalah memvariasikan sorbitol sebanyak 20%-40% b/b pati dengan bahan pencampur pati biji alpukat sebanyak 3 gram dengan konsentrasi CMC sebanyak 20% b/b pati. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi CMC (tanpa sorbitol) dan penambahan konsentrasi sorbitol (tanpa CMC) serta penambahan konsentrasi sorbitol dengan bahan pencampur pati biji alpukat dan CMC 20% b/b pati memberikan pengaruh terhadap meningkatnya nilai ketebalan dan kuat tarik serta menurunkan nilai elongasi plastik. Penambahan konsentarsi sorbitol sebanyak 20%- 40% b/b pati dengan bahan pencampur pati biji alpukat dan CMC 20% b/b pati memberikan pengaruh terhadap meningkatnya persen kehilangan berat plastik biodegradable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:36
Last Modified: 14 Sep 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33690

Actions (login required)

View Item View Item