Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indikator Pembangunan Ekonomi Menggunakan Analisis Gerombol.

Aprilla, Jehan (2021) Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indikator Pembangunan Ekonomi Menggunakan Analisis Gerombol. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_JEHAN_APRILLA_7037024_1351_2021.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Tingkat perekonomian merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk menyatakan keberhasilan pemerintah dalam mengelola perekonomian daerahnya. Adanya perbedaan kemampuan sumber daya alam, sumber daya manusia dan lembaga institusi mengakibatkan perbedaan pertumbuhan ekonomi. Salah satu penyebab dari permasalahan pembangunan ekonomidi Sumatera Barat adalah pembangunan yang dilakukanoleh pemerintahtidak terlaksana secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan Kabupaten/Kotadi Sumatera Barat yang mempunyai karakteristik yang sama dimasing-masing kelompok daerah tersebut. Jenis penelitian ini terapan. Jenis datayang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh Badan Pusat Statistik. Pada penelitian ini,objek yang digunakan adalah 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan variabelnya adalah11indikator pembangunan ekonomi. Ada tiga indikator yaitu: moneter, nonmoneter dan campuran. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis gerombol. Berdasarkan hasil dari analisis gerombol diperoleh 5 gerombol berdasarkan indikator pembangunan ekonomi. Gerombol I terdiri dari Kepuluan Mentawai. Gerombol II adalah Pesisir Selatan, Dharmasraya, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Sijunjung. Gerombol III yang terdiri dari 7 Kabupaten/Kota yaitu Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Kota Solok, Sawahlunto, Payakumbuh, Pariaman.Gerombol IV terdiri dari Kabupaten Solok. Gerombol V terdiri dari Padang. Penciri yang mempengaruhi gerombol I adalah adalah pesentase kemiskinan, gerombol II adalah tingkat partisipasi angkatan kerja, gerombol III adalah sumber penerangan listrik, gerombol IV adalah tingkat pidana terselesaikan,gerombol V pencirinya adalah tingkat pengangguran terbuka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:44
Last Modified: 13 Sep 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33648

Actions (login required)

View Item View Item