Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Kompetensi Belajar Kognitif Selama Pembelajaran Daring Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Solok Selatan.

Mursi, Ila (2021) Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Kompetensi Belajar Kognitif Selama Pembelajaran Daring Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ILA_MURSI_17031019_2006_2021.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan mengajar. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya kompetensi belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi belajar peserta didik adalah motivasi. Motivasi belajar ada dua yaitu motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik. Motivasi belajar intrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri, sedangkan motivasi belajar ekstrinsik adalah motivasi belajar yang berasal dari luar diri peserta didik seperti lingkungan, keluarga, teman, pujian, hukuman dan sebagainya. Hasil observasi di SMAN 7 Solok Selatan menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi tergolong rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya partisipasi dan respon peserta didik dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar kognitif Biologi peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan pada bulan April di kelas X SMAN 7 Solok Selatan tahun pelajaran 2020/2021. Sampel berjumlah 108 orang peserta didik yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik satruration sampling. Teknik satruration sampling merupakan teknik pengambilan sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar ekstrinsik. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasinya. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar kognitif Biologi peserta didik pada kelas X SMAN 7 Solok Selatan dengan nilai korelasi motivasi belajar ekstrinsik dengan kompetensi belajar termasuk kategori sedang atau cukup dengan nilai r= 0,43. Besar kontribsusi motivasi belajar ekstrinsik terhadap kompetensi kognitif adalah 20,77%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:08
Last Modified: 10 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33616

Actions (login required)

View Item View Item