Pemanfaatan Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L.) Sebagai Produk Minuman Antioksi dan Penghambat Aktivitas Radikal Bebas Dalam Tubuh Manusia.

Fitri, Ernarisa (2021) Pemanfaatan Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L.) Sebagai Produk Minuman Antioksi dan Penghambat Aktivitas Radikal Bebas Dalam Tubuh Manusia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_ERNARISA_FITRI_17035090_308_2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kulit buah kakao (Theobroma cacao L.) adalah cangkang yang biasanya dibuang oleh konsumen atau disebut juga limbah perkebunan. Kulit buah kakao yang berasal dari hasil pengolahan kakao memiliki bagian persentase terbesar dari keseluruhan bagian buah kakao segar yaitu sekitar 70%. Berbagai cara telah diterapkan untuk memanfaatkan kulit buah kakao, diantaranya menjadikan kulit buah kakao sebagai pupuk kompos maupun bahan pakan ternak, meskipun demikian belum ada pemanfaatan yang lebih optimal. Padahal kulit buah kakao diketahui mengandung senyawa fenolik sebagai antioksidan yang dapat menghambat aktivitas radikal bebas pada tubuh manusia. Dalam hal ini, kulit buah kakao sangat berpotensi untuk dikonsumsi dengan cara inovasi dikeringkan dan dijadikan bubuk minuman herbal. Minuman ini tentunya sangat bermanfaat sebagai sumber antioksidan alami yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Penelitian ini dimulai dengan pengeringan kulit buah kakao tanpa terkena sinar matahari secara langsung untuk menjaga kadar antioksidan didalamnya, kemudian dilanjutkan dengan penggilingan dan pengayakan hingga memperoleh serbuk yang homogen. Serbuk yang halus dan seragam ukurannya ini akan mempermudah pencampuran serbuk dengan bahan pelengkap lainnya. Pada akhirnya diperoleh minuman herbal yang kaya kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:06
Last Modified: 09 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33589

Actions (login required)

View Item View Item