Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Spelling Puzzle Bagi Anak Disleksia Kelas III di SD N 29 Kapalo Koto

Hariandja, Kezia Amelia (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Spelling Puzzle Bagi Anak Disleksia Kelas III di SD N 29 Kapalo Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_KEZIA_AMELIA_HARIANDJA_ 16003083_542_2021.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temui pada seorang anak disleksia yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan khususnya pada membaca kata benda dengan pola KV-KVK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda dengan pola KV-KVK) menggunakan media spelling puzzle. Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan menggunakan teknik analisi visual grafik. Subjek penelitian ini adalah seorang anak disleksia kelas III SD, variabelnya dianalisis menggunakan persentase. Hasil analisis kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda dengan pola kv-kvk) menggunakan media spelling puzzle yaitu, pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil stabil pada skor 36%, pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil stabil pada skor 95%, dan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil stabil pada skor 93%. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan media spelling puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda dengan pola KV-KVK) bagi anak disleksia. Serta disarankan bagi guru agar dapat menggunakan media spelling puzzle sebagai media pembelajaran dalam membaca permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:50
Last Modified: 09 Sep 2021 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33587

Actions (login required)

View Item View Item