Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tenaga Kerja Wanita Berstatus Menikah di Kota Padang Menggunakan Analisis Regresi Probit.

Ismelda, Elsa (2021) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tenaga Kerja Wanita Berstatus Menikah di Kota Padang Menggunakan Analisis Regresi Probit. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_ELSA_ISMELDA_17037012_1308_2021.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun berdampak pada peningkatan angkatan kerja, baik pria maupun wanita di Kota Padang. Semakin tingginya partisipasi angkatan kerja dapat disebabkan karena tingginya tingkat pendidikan wanita berstatus menikah di Kota Padang, dimana pendidikan akan berpengaruh pada tingkat pendapatan yang diterima, sehingga akan mempegaruhi keputusan wanita berstatus menikah untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tenaga kerja wanita berstatus menikah di Kota Padang menggunakan Analisis Regresi Probit. Jenis Penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa data tenaga kerja wanita berstatus menikah di Kota Padang sebanyak 574 orang. Penelitian ini menggunakan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) di Kota Padang tahun 2020, yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik Kota Padang. Pada penelitian ini variabel terikat yang digunakan adalah wanita berstatus menikah (Y) dan variabel bebasnya antara lain usia wanita (X1), pendidikan terakhir wanita (X2), pendapatan suami (X3), dan jumlah anak (X4). Data yang diperoleh diolah menggunakan Analisis Regresi Probit. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi probit terbaik yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi tenaga kerja wanita berstatus menikah di Kota Padang adalah : ɸ -1 (Pi) = 0,34 - 0,11X2 - 0,23X4 Berdasarkan model tersebut, terlihat bahwa faktor yang paling mempengaruhi secara signifikan terhadap tenaga kerja wanita berstatus menikah di Kota Padang adalah pendidikan terakhir wanita dan jumlah anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:05
Last Modified: 09 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33585

Actions (login required)

View Item View Item