Tinjauan Pemilihan Metode Estimasi Serta Penilaian Akurasi Dalam Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kota Pariaman

Veronika, Sonia (2019) Tinjauan Pemilihan Metode Estimasi Serta Penilaian Akurasi Dalam Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kota Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_07_SONIA_VERONIKA_4588_16233119_2019.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti tentang pemilihan metode estimasi yang paling tepat dalam penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah di kota Pariaman, serta melakukan penilaian akurasi terkait dengan metode yang telah disarankan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah terutama Badan Pengelola Keuangan Daerah dan Pendapatan Daerah dalam melakukan suatu prediksi atau estimasi untuk tahun berikutnya agar penerimaan baik itu dalam bidang pajak daerah dan retribusi daerah dapat diraih secara optimal. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan survey lapangan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data yang didapat langsung dari Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pariaman. Pada penelitian ini teknik analisis data yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode exponential smoothing, simple moving average, transformation moving average, moment, kuadrat terkecil serta regresi. Serta penilaian akurasi yang digunakan dengan menggunakan absolute percentage error. Dengan menggunakan metode estimasi tersebut didapatkan hasil bahwa metode yang hampir mendekati hasil penerimaan pajak daerah adalah metode transformation moving average, serta dengan tingkat keakuratan 7,2% untuk tahun 2018. Sedangkan untuk retribusi daerah metode yang paling mendekati adalah metode regresi, metode moment, dan metode kuadrat terkecil dengan tingkat keakuratan 9,4% untuk tahun 2018. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menilai metode yang mendekati kakuratan dalam pelaksanaan metode estimasi adalah metode regresi, moment serta kuadrat terkecil karena menggunakan persamaan yang matematis dalam melakukan estimasi untuk penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah di Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:23
Last Modified: 09 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33561

Actions (login required)

View Item View Item