Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Matriks untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Adabiah 2Padang.

Saputri, Efka Rizki (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Matriks untuk Peserta Didik Kelas XI SMA Adabiah 2Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFKA_RIZKI_SAPUTRI_ 16029007_508_2021.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi matriks untuk peserta didik kelas XI denganmenerapkan pembelajaran berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plompyang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan,dan tahap penilaian. Pada tahap pendahuluan terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum,dan analisis konsep. Pada tahap pengembangan dilakukan evaluasi formatif yangterdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar dan evaluasiperorangan. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika.Pada tahap penilaian dilakukan evaluasi perorangan, LKPD berbasis penemuan terbimbing diuji cobakan pada 3orang peserta didik kelas XI SMA Adabiah 2Padang yang memilikikemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan LKPD berbasis penemuan terbimbing dilihat darihasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing yang telahmemenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. LKPD berbasis penemuan terbimbing sudahpraktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena LKPD berbasis penemuan terbimbing yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatanpembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing pada materi matriks untuk peserta didik kelas XI SMA Adabiah 2 Padang yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:21
Last Modified: 09 Sep 2021 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33533

Actions (login required)

View Item View Item