High Order Thinking Skill Questions in Reading Exercises (An Analysis of Reading Exercises in Bright an English Course Book for the Grade IX of Junior High School, Published by Erlangga in 2018)

Daniati, Nadia (2020) High Order Thinking Skill Questions in Reading Exercises (An Analysis of Reading Exercises in Bright an English Course Book for the Grade IX of Junior High School, Published by Erlangga in 2018). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NADIA_DANIATI_15018099_1800-2020.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir secara kompleks berguna dalam menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata, berpikir kritis, dan dapat memecahkan masalah. Level HOTS dikategorikan ke dalam tiga level yaitu menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan. Untuk menilai kemampuan tersebut, pertanyaan yang menguji HOTS terdapat dalam soal latihan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pertanyaan HOTS didalam latihan membaca. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari buku teks pelajaran Bright an English untuk kelas 9 SMP. Peneletian ini menggunakan indikator Taksonomi Bloom sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total pertanyaan HOTS adalah 52 pertanyaan atau 12,62% dari 412 pertanyaan membaca. Jumlah dan persentase dari setiap level kategori HOTS adalah 38 pertanyaan atau 9,22% untuk level menganalisa, 11 pertanyaan atau 2,6% untuk level mengevaluasi, dan 3 pertanyaan atau 0,73% untuk level menciptakan. Namun, pertanyaan HOTS bukanlah kategori pertanyaan yang dominan di dalam buku teks pelajaran ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:21
Last Modified: 09 Sep 2021 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33527

Actions (login required)

View Item View Item