Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write

Gupa, Dinda Qisthina (2021) Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DINDA_QISTHINA_GUPA_16029107_2407_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan tujuan pertama pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara teoritis apakah pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur. Penelitian ini merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang bersumber dari berbagai jurnal, buku-buku yang berkaitan dengan objek yang akan dibahas, mengambil data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Setelah mengumpulkan data kemudian melakukan review terhadap beberapa istilah penting dalam penelitian. Beberapa literatur diperoleh dari berbagai sumber referensi. Istilah penting yang didefinisikan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Lalu, dilakukan analisis jurnal berdasarkan semua literatur yang telah diperoleh dengan menyusun hasil penelitian. Pembahasan dilakukan dengan mengaitkan hasil yang diperoleh dari analisis jurnal dengan teoriteori yang ada. Kemudian menyusun kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Terakhir yaitu mengajukan saran berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh. Berdasarkan studi yang dilakukan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik secara teoritis. Penerapan tahapan-tahapan pembelajaran TTW dapat menunjang aktivitas belajar sehingga dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang dapat dilihat dari ketercapaian indikator pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:31
Last Modified: 08 Sep 2021 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item