Pengaruh Ekstrak Daun Binahong (anredera cordifolia ten. Steenis.) Terhadap Pemulihan Siklus Estrus Mencit (Mus musculus L.)

Sari, Diana Novita (2021) Pengaruh Ekstrak Daun Binahong (anredera cordifolia ten. Steenis.) Terhadap Pemulihan Siklus Estrus Mencit (Mus musculus L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DIANA_NOVITA_SARI_17032053_1959_2021.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Ekstrak daun binahong mengandung fitoestrogen yang memiliki kemampuan bekerja dengan reseptor estrogen sehingga mampu menstabilkan kadar hormon estrogen dan dapat digunakan sebagai stimulus untuk mensekresikan hormon estrogen. Sebelumnya sudah dilakukan penelitian tentang pengaruh esktrak daun binahong terhadap perubahan histologi ovarium dan uterus pada marmut, namun belum ada penelitian terkait siklus estrus. Siklus estrus dipengaruhi oleh hormon, maka ekstrak daun binahong yang mengandung fitoestrogen dapat digunakan untuk memulihkan siklus estrus. Hal ini bisa kita ketahui dengan melaksanakan penelitian pengaruh ekstrak daun binahong terhadap pemulihan siklus estrus dengan hewan ujinya mencit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun binahong dalam memulihkan siklus estrus mencit. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 6 pengulangan. Ekstrak daun binahong diberikan secara oral menggunakan jarum gavage satu kali sehari selama 26 hari . Perlakuan A (kontrol positif), B (kontrol negatif), C (0,8mg/ekor), D (2,4mg/ekor) dan E (4mg/ekor). Pengamatan menggunakan metode vaginal smear (apusan vagina). Data yang dihasilkan diuji menggunakan Analisis Varian (ANOVA) taraf signifikan 5% dan uji lanjut dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan pada perlakuan A siklus estrus mendekati normal yaitu 7 hari, perlakuan B siklus estrus mengalami perpanjangan 10,08 hari, perlakuan C siklus estrus mendekati normal 6,80 hari, perlakuan D siklus estrus kembali normal yaitu 5,74 hari dan pada perlakuan E terjadi perpanjangan siklus estrus 9,25 hari. Dosis yang optimal untuk memulihkan siklus estrus adalah 2,4 mg/ ekor/ hari. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun binahong dapat memulihkan siklus estrus pada mencit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:30
Last Modified: 08 Sep 2021 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33520

Actions (login required)

View Item View Item