Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam Menentukan Daerah Rawan Kebakaran Permukiman di Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi

Zolyan, Mahesha Ramadhini (2020) Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam Menentukan Daerah Rawan Kebakaran Permukiman di Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_MAHESHA_RAMADHINI_ZOLYAN_271_15136023_2020.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk : 1) mengetahui tingkat kerawanan kebakaran permukiman dan 2) mengetahui sebaran daerah rawan kebakaran permukiman di Kecamatan Guguak Panjang. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 287 blok permukiman dan 76 sampel blok permukiman. Metode yang digunakan ialah pemberian harkat dan perhitungan skor pada setiap parameter untuk menentukan tingkat kerawanan kebakaran. Proses yang digunakan dalam mengolah data memanfaatkan sistem informasi geografis meliputi buffering, scoring, overlay dan dissolve. Hasil yang didapat yaitu peta tingkat kerawanan kebakaran permukiman yang dibagi atas tiga kelas : kerawanan tinggi dengan luasan 21,33 Ha, kerawanan sedang dengan luasan 95,97 Ha dan kerawanan rendah dengan luasan 49,44 Ha. Sebaran rawan kebakaran tertinggi berada di Kelurahan Bukit Apit Puhun dan yang terendah berada di Kelurahan Pakan Kurai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:33
Last Modified: 07 Sep 2021 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33483

Actions (login required)

View Item View Item