Kontribusi Kesiapan Belajar Terhadap Basil Belajar Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP

Ardiyan, Ardiyan (2021) Kontribusi Kesiapan Belajar Terhadap Basil Belajar Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ARDIYAN_1106690_675_2020.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Menggambar yang baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kesiapan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. J enis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2017 sebanyak 84 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling (Simple Random Sampling). Berdasarkan rumus Slovin dengan jumlah populasi (N) 84 pada taraf signifikansi ( a) 0.05, diperoleh sampel sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket (kuesioner). Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 17, 00, menggunakan analisis korelasional. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Besar koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,423 pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan sumbangan yang diberikan oleh kesiapan belajar sebesar 17 ,89% terhadap hasil belajar, dengan tingkat hubungan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:33
Last Modified: 07 Sep 2021 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33482

Actions (login required)

View Item View Item