Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Tari di SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi (Studi Deskriptif PBM di Era New Normal)

Yulyansi, Wenda (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Tari di SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi (Studi Deskriptif PBM di Era New Normal). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WENDA_YULYANSI_17023136_3617_2021.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya/tari di SMAN 4 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi: Studi Deskriptif P-B-M di era new normal covid-19?” Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Instumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakkan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan yang dibuat oleh guru yaitu : RPP relevan dengan rancangan K13 karena topik pelajaran di K13 Kelas X IPA 2 SMA N 4 Sungai Penuh Semester dua (genap) adalah Tari tradisi. Kesesuaian topik pelajaran dalam K13 adanya KD dan indikator KD sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan K13. Guru menggunakan strategi penyampaian materi, penilaian, dan belajar dengan menggunakan metode Tanya jawab. Dengan metode ini penulis menemukan bahwa siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran. Seperti pada pertemuan tiga guru hendaknya bisa menggunakan strategi demostrasi untuk mencontohkan kepada siswa bagaimana gerak tari tradisi dengan benar. Teknik yang guru gunakan sebaiknya juga lebih kreatif lagi agar dapat menarik perhatian siswa. Proses penunjang pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 4 Sungai Penuh juga belum cukup memadai. Kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan sekolah sehingga mengakibatkan pembelajaran tidak terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:30
Last Modified: 07 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item View Item