Aplikasi Metode Job Safety Analysis Dan Pendekatan HIRADC Untuk Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Penambangan Bawah Tanah Bijih Emas PT. Dempo Maju Cemerlang Pesisir Selatan

Kurniasih, Nia (2021) Aplikasi Metode Job Safety Analysis Dan Pendekatan HIRADC Untuk Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Penambangan Bawah Tanah Bijih Emas PT. Dempo Maju Cemerlang Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_NIA_KURNIASIH_19137078_570_2021.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

PT. Dempo Maju Cemerlang merupakan salah satu perusahaan tambang emas yang menerapkan sitem tambang bawah tanah ( Underground Mining). Karena dilihat dari manajemen risiko masih adanya potensi bahaya yang ada diperusahaan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bahaya dalam beberapa bidang pekerjaan yang dapat menimbulkan kecelakaan, statistik kecelakaan kerja frequency rate dan severety rate, serta mengungkapkan pengendalian bahaya dalam bentuk Job Safety Analysis (JSA) dan Hazard Identification, Risk Assesment And Determining Control (HIRADC). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner, wawancara, dan pengamatan aktivitas kerja. Hasil analisa kusioner tingkat risiko dari sub-kriteria yang sering terjadi secara keseuruhan di PT. Dempo Maju Cemerlang berdasarkan perhitungan persentase ialah 26% perubahan warna jari pucat saat pengoperasian Jeck leg, 10% terbentur di area terbatas, terjepit alat,dan 78% jalan berlumpur atau banjir. Kecelakaan kerja dengan tingkat kekerapan pada tahun 2019 sebesar 44,18 dan tingkat keparahan 166,55. JSA dan HIRADC digunakan untuk mengidentifikasi bahaya kerja di lubang utama SOD (South Ore Drift) dalam pekerjaan mesin bor jack leg, pemasangan rock bolt, pemasangan rel, pengoperasian rocker shovel, pengoperasian lokomotif dan Granby.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:29
Last Modified: 07 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item View Item