Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Aulia, Yolanda (2020) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YOLANDA_AULIA_16017075_3012_2020.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok: (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Data dikumpulkan dari informan melalu teknik wawancara, observasi, dan perekaman hasil wawancara dengan informan. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan empat tahap, yaitu: (1) tahap transkripsi dan transliterasi data; (2) tahap klasifikasi data atau analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data; (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hal-hal berikut: (1) struktur cerita rakyat legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok terdiri atas: (a) gaya bahasa yang mudah dipahami, sangat menarik karena menggunakan majas; (b) penokohan yakni tokoh utama dan tokoh tambahan; (c) latar dalam cerita meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; (d) alur cerita merupakan alur konvensional dengan menggunakan tahap awal, tahap tengah, tahap akhir; (e) tema mengenai legenda setempat yang berhubungan dengan asal usul kejadian alam yaitu legenda Lubuak Camin adalah sebagai cerminan bagi diri sendiri, jangan mudah dirayu dan jangan menjadi wanita yang tidak memilki harga diri dengan menggoda laki-laki. (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Lubuak Camin di Jorong Aia Angek Kanagarian Saniang Baka Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok adalah sebagai sarana untuk menghibur, mendidik, mewariskan, dan sebagai sarana untuk menunjukan jati diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:40
Last Modified: 07 Sep 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33445

Actions (login required)

View Item View Item