Pengembangan Media Pembelajaran Ansambel Musik Berbasis Video Animasi untuk Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Sundari, Sri (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Ansambel Musik Berbasis Video Animasi untuk Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SRI_SUNDARI_17023038_3364_2021.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat atau mengembangkan media pembelajaran ansambel musik berbasis video animasi yang nantinya akan digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan kemudian akan digunakan oleh pendidik untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dan juga membantu pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Padang dengan jenis penelitian Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berbentuk data kuantitatif dan data kualitatif dimana data diperoleh dengan menggunakan lembar validasi produk untuk tiga orang ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan juga guru bidang studi Seni Budaya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-8 SMP Negeri 25 Padang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran ansambel musik berbasis video animasi dilakukan dengan melewati tahapan- tahapan pokok, dimana terdapat lima tahap yang dilakukan, yaitu 1) Analisis kebutuhan peserta didik, 2) Desain media pembelajaran, 3) Development atau pengembangan media, 4) Implementasi atau uji coba produk, dan 5) Evaluasi produk. Pada tahap pengembangan, setelah produk dikembangkan terlebih dulu produk di validasi dan kemudian dilakukan revisi sesuai saran sebelum akhirnya di uji coba. Hasil validasi yang dilakukan oleh tiga validator setelah di analisis menghasilkan data sebagai berikut: (1) lembar validasi ahli media memperoleh rata-rata 4,2 dengan persentase 84% dan kategori media sangat valid/layak, (2) lembar validasi ahli materi memperoleh rata-rata 4 dan mencapai persentase 80% dengan kategori media sangat valid/layak, (3) lembar validasi oleh pendidik memperoleh rata-rata 4,1 mencapai persentase 82% dengan kategori media sangat valid/layak. Respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran ansambel musik berbasis video animasi memuaskan dengan kategori baik. Kesimpulan: Pengembangan media pembelajaran ansambel musik berbasis video animasi untuk kelas VII valid/ layak digunakan dalam pembelajaran ansambel musik di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:39
Last Modified: 07 Sep 2021 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33430

Actions (login required)

View Item View Item