Efektivitas Organisasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Dalam Proses Monitoring dan Warning Terhadap Resiko Bencana di Kota Padang

Yurda, Yurda (2020) Efektivitas Organisasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Dalam Proses Monitoring dan Warning Terhadap Resiko Bencana di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_YURDA_1538_15042097_2020.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari melihat kenyataan bahwa seringnya terjadi bencana alam di Kota Padang, hal ini dikarenakan Kota Padang merupakan salah satu daerah yang rawan akan bencana alam. Oleh karena itu, untuk meminimalisir akibat buruk yang dapat terjadi , maka perlu adanya peran dari pemerintah atau pihak-pihak yang berwenang dalam penanggulangan bencana tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Organisasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang dalam proses Monitoring dan Warning Terhadap Resiko Bencana di Kota Padang. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penulis dalam penelitian ini ditentukan dengan Purposive Sampling. Data ini penulis kumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dengan Triangulasi Sumber. Sedangkan teknik analisis data nya penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil temuan penelitian penulis menunjukkan bahwa Efektivitas Organisasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang dilihat dari indikator Ducan yaitu pencapaian tujuan, integritas dan adaptasi, dan juga analisis SWOT menurut Salusu yang penulis gunakan yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dapat dikatakan belum berjalan dengan optimal dikarenakan masih belum lengkapnya alat yang dimiliki oleh BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang untuk mendeteksi bencana tsunami dan Jika alat-alat seperti sensor dan seiscomp3 rusak maka perbaikan nya harus menunggu dari pusat dulu karena suku cadang nya ada di pusat jadi memakan waktu lama, kemudian kerjasama dengan instansi/lembaga lain juga masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:38
Last Modified: 07 Sep 2021 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33418

Actions (login required)

View Item View Item