Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Bernyanyi Unisono Dengan Menggunakan Metode Latihan di Kelas VII-2 SMP Negeri 1 Afulu Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara

Zalukhu, Saridewi (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Bernyanyi Unisono Dengan Menggunakan Metode Latihan di Kelas VII-2 SMP Negeri 1 Afulu Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SARIDEWI_ZALUKHU_17023033_3613_2021.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam bernyanyi lagu daerah setempat secara unisono, melalui metode Latihan di kelas VII.2 SMP Negeri 1 Afulu, dari bulan Desember 2020-Februari 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yakni : Wawancara, Studi Dokumen, observasi. Teknik analisis data, menggunakan rumus Persentase dan menghitung Rata-rata. Hasil penelitian pada siklus I (Kognitif=69,3) (psikomotorik =70,8). dimana nilai rata rata meningkat 4,3%. Maka dari itu peneliti kembali melakukan penelitian siklus II dengan memperbaiki kendala yang dialami pada siklus I. Setelah penelitan siklus II capain hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, dibuktikan dengan persentase pada Siklus II antara lain: (Kognitif=78,6) (Psikomotorik=80,3). Dimana nilai rata-rata meningkat (kognitif) 9,3% (psikomorik) 9,5 %. Berkaitan dengan penampilan siswa saat belajar, sikap dan perilaku yang tampak adalah antusias dan keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran seni musik. Peningkatan pada kualitas hasil belajar dapat dilihat dari perbandingan antar dan nilai rata-rata pada saat sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:37
Last Modified: 07 Sep 2021 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33406

Actions (login required)

View Item View Item