Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Di Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan

Iqbal, Taufik (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Di Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_TAUFIK_IQBAL_1223_15042050_2020.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kecamatan Pauh Duo, dimana energi terbarukan dibutuhkan sebagai alternatif untuk pengganti energi fosil yang jumlahnya semakin berkurang. Namun pembangunan PLTP ini tentu mempunyai dampak terhadap masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan, baik itu dampak yang dirasakan secara sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Sehingga menyebabkan timbulnya berbagai persepsi dikalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kecamatan pauh duo. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling dalam menentukan sampel. sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sebagai teknik pengumpulan data primer, berupa pembagian angket kepada masyarakat. Serta dokumentasi sebagi teknik pengumpulan data sekundernya. Kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada masyarakat, diperoleh hasil persepsi masyarakat terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dilihat dari aspek sosial memiliki indeks persepsi cukup baik dengan persentase sebesar 56,89 persen. Dilihat dari aspek ekonomi memiliki indeks persepsi cukup baik dengan persentase 60,35 persen. Dilihat dari aspek lingkungan memiliki indeks persepsi baik dengan persentase sebesar 76,29 persen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:50
Last Modified: 06 Sep 2021 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item View Item