Implementasi Strategi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Pasaman Barat

Winari, Sonda (2020) Implementasi Strategi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_SONDA_WINARI_795_ 15042149_2020.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Strategi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Pasaman Barat. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena masih tingginya tingkat kemiskinan di Kabupaten Pasaman Barat. Masih banyak masyarakat kurang mampu belum mendapatkan bantuan, sedangkan yang sudah mampu mendapatkan bantuan. Masih tingginya angka anak kerdil (Sunting) disebabkan karena kemiskinan dan faktor lingkungan yang kurang bersih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena penelitian ini berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan tentang Implementasi Strategi TKPKD Dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan di kantor Bappeda, Kantor Dinas Sosial, Dinas Kesehatan masyarakat kurang mampu dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat. Informan penelitian ditentukan dengan pertimbangan yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Pemilihan dan penetapan informan dilakukan sesuai dengan karakteristik penelitian kualitatif yaitu dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dilapangan bersama informan yaitu berupa wawancara dan observasi secara langsung yang berkaitan dengan Implemenasi TKPKD. Data sekunder diperoleh melalui dokumen penelitian dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian dipakai adalah triangulasi sumber. Dari hasil peneliian yang dilakukan, diketahui bahwa dalam Implementasi Strategi TKPKDbelum tepat sasaran sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. Hal ini terjadi karena masih banyak kendala yang ditemui dilapangan seperti pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu melalui program individu: belum semua mendapatkannya, melalui program masarakat/kelompok: masih banyak masyarakat kurang mampu yang idak mendapatkannya, sedangkan masyarakat sudah tergolong mampu mendapatkan bantuan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:50
Last Modified: 06 Sep 2021 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33387

Actions (login required)

View Item View Item