Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 2 Lubuk Basung

Syabri, Khairiman (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_KHAIRIMAN_SYABRI_16063087_563_2021.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan proses yang dilakukan dalam mengembangkan suatu media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan software articulate storyline di SMK N 2 Lubuk Basung. Penelitian ini di latar belakangi permasalahan terkait media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang belum memberikan hasil yang optimal terhadap hasil belajar siswa serta rendahnya minat dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang dikategorikan valid dan praktis. Media yang dihasilkan berupa media interaktif. Pengembangan media dilakukan menggunakan metode penelitian Research and Development ( R & D ) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D ). Proses pengembangan media melalui empat prosedur utama yaitu pendefinisian ( Define ), Perancangan ( Design ), Pengembangan ( Develop ), dan Penyebarluasan ( Disseminate ). Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan kelayakan media oleh ahli materi dinilai dari aspek isi dan aspek pembelajaran. Kelayakan media oleh ahli media dinilai dari aspek teknis media dan aspek fungsional media. Hasil validasi yang diperoleh 0,83 dengan kategori valid. Penilaian kepraktisan media diperoleh 85 % dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:50
Last Modified: 06 Sep 2021 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33383

Actions (login required)

View Item View Item