Partisipasi Kelompok Wanita Tani dalam Meningkatkan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Nagari Sago Salido Kabupaten Pesisir Selatan

Putry, Rahayu Erita (2020) Partisipasi Kelompok Wanita Tani dalam Meningkatkan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Nagari Sago Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_RANDY_ALFHA_YANORI_1197_1205845_2020.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat sehubungan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkurangnya jumlah area pertanian, berakibat permasalahan yang serius karena jumlah pangan yang tersedia mengalami kekurangan. Berdasarkan hal tersebut perlu ditindaklanjuti strategi yang perlu dilakukan untuk mengatasi krisis pangan kedepan. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah selama ini adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah masyarakat sebagai sumber pangan keluarga. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KRPL tersebut sudah dapat meningkatkan pola hidup sehat untuk masyarakat dan orang-orang yang menjadi anggota program KRPL. Ini terlihat pada sudah mampunya keluarga untuk menerapkan makanan yang beragam bergizi seimbang dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain untuk dikonsumsi sendri untuk keluraga, hasil dari KRPL juga sudah dapat dijual oleh masing-masing anggota kelompok dipasar tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:47
Last Modified: 06 Sep 2021 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33356

Actions (login required)

View Item View Item