Implementasi Perda Kota Padang No. 3 Tahun 2015 Dalam Pengurangan Resiko Bencana Untuk Penyandang Disabilitas Di Kota Padang

Al Fatdri, Nurul (2020) Implementasi Perda Kota Padang No. 3 Tahun 2015 Dalam Pengurangan Resiko Bencana Untuk Penyandang Disabilitas Di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_NURUL_AL_FATDRI_1101_1301942_2020.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana dan prasarana untuk penyandang disabilitas, sehingga BPBD kota Padang terkendala dalam pengurangan bencana bagi penyandang disabilitas, kurangnya Sosialisasi pemerintah terkait disabilitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengurangan resiko bencana bagi penyandang disabilitas oleh BPBD di Kota Padang, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengurangan resiko bencana bagi penyandang disabilitas di Kota Padang, dan 3) Untuk mengetahui upaya pemerintah dalam mengatasi kendala pengurangan resiko bencana bagi penyandang disabilitas di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Pemilihan informan adalah dengan menggunakan purposive sampling, adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah: yaitu kepala dinas BPBD Kota Padang, dinas sosial, Kepala seksi rehabilitas sosial penyandang disabilitas, Kabid Pencegahan Bencana dan penyandang disabilitas, dan kelompok disabilitas. Jenis sumber penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data terkumpul menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pemnelitian yang diperoleh adalah: 1) Pelaksanaan Pengurangan Resiko Bencana Untuk Penyandang Disabilitas Oleh Dinas BPBD Di Kota Padang adalah melakukan para bencana dengan dua metode yaitu pencegahan secara teknis, dan pencegahan non-teknis. 2) Kendala Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Pengurangan Resiko Bencana Untuk Penyandang Disabilitas adalah, a) sarana dan prasaran khusus disabilitas tidak ada, b) belaum ada pelatihan khusus oleh BPBD Kota Padang terkait pelaksanaan pengurangan resiko bagi penyandnag disabilitas, c) kurangnya sosialisasi terkait pendataan disabilitas, dan 3) Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kendala Pengurangan Resiko Bencana Bagi Penyandang Disabilitas adalah a) menyediakan sarana dan prasaran khusus disabilitas, b) melakulan pelatihan khusus oleh BPBD Kota Padang terkait pelaksanaan pengurangan resiko bagi penyandnag disabilitas, c) melakukan sosialisasi terkait pendataan disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:55
Last Modified: 03 Sep 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33347

Actions (login required)

View Item View Item