Pengaruh Kontribusi Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang

Khotimah, Husnul (2021) Pengaruh Kontribusi Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HUSNUL_KHOTIMAH_17023108_3314_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar seni tari pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Data yang diperoleh diolah dengan rumus statistik. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 400 orang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 60 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner (angket) kemandirian belajar dan tes (soal objektif) hasil belajar seni tari. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas data. Selanjutnya, dilakukan pengujian koefisien determinan untuk mengetahui sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 39,69% terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang dan selebihnya (60,31%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar seni tari. Untuk itu, agar hasil belajar seni tari lebih baik, maka kemandirian belajar siswa terlebih dahulu harus ditingkatkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:17
Last Modified: 02 Sep 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item View Item