Kontribusi Koordinasi Mata Kaki dan Keseimbangan Dinamis Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Atlet Sepak Bola Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Katrisman, Pebi (2021) Kontribusi Koordinasi Mata Kaki dan Keseimbangan Dinamis Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Atlet Sepak Bola Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_PEBI_KATRISMAN_14089145_1246_2021.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan teknik dasar atlet sepak bola Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan karena dipengaruhi oleh pemberian tes kemampuan teknik dasar pada atlet sepak bola belum optimal, dan keseimbangan dinamis ketika atlet melakukan teknik dasar masih belum dapat menguasai bola dengan baik, sehingga seringkali bolanya jauh dan terlepas dari penguasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi koordinasi mata kaki dan keseimbangan dinamis terhadap kemampuan teknik dasar atlet sepak bola kecamatan sangir kabupaten solok selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet sepak bola Solok Selatan yang berjenis kelamin laki-laki yang ada di Solok Selatan dengan objek penelitian berjumlah 25 Orang. semua populasi dijadikan sampel karena populasi dalam penelitian ini relatif kecil atau sampel diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengambilan data dengan tes koordinasi mata kaki, tes keseimbangan dinamis dan tes dengan kemampuan teknik dasar meliputi : shooting, passing, dan dribbling. Teknik analisis data menggunakan rumusan product moment. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Koordinasi mata kaki memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan Teknik Dasar atlet sepak bola Solok Selatan, diperoleh nilai rhitung = 0,4197>rtabel = 0,396 dan nilai thitung = 2,205>ttabel = 1,711 (2) Keseimbangan memiliki hubungan signifikan terhadap kemampuan Teknik dasar permainan sepak bola, diperoleh nilai rhitung = 0,442> rtabel = 0,396 dan nilai thitung = 2,365> ttabel = 1,710, dan (3) Koordinasi mata kaki dan keseimbangan secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan teknik dasar permainan sepak bola, nilai rhitung = 0,481> rtabel = 0,396, Fhitung = 4,31> Ftabel = 3,44. Maka terdapat hubungan yang signifikan koordinasi mata kaki (X1) dankeseimbangan (X2) dengan kemampuan teknik dasar permainan sepakbola (Y) atlit sepak bola Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:16
Last Modified: 02 Sep 2021 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33305

Actions (login required)

View Item View Item