Evaluasi Kinerja Ban hd 785-7 dan 777 pada Jalan Angkut Tambang dari Front 2 ke Crusher III A dan III B Penambangan Batu Kapur PT. Semen Padang

Putra, Indra Lesmana (2021) Evaluasi Kinerja Ban hd 785-7 dan 777 pada Jalan Angkut Tambang dari Front 2 ke Crusher III A dan III B Penambangan Batu Kapur PT. Semen Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_INDRA_LESMANA_PUTRA_1203139_870_2021.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Padang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan kapur yang berlokasi di Bukit Karang Putih, Indarung, Kota Padang. Setiap kegiatan pengangkutan membutuhkan perangkat mekanis sebagai sarana untuk memperlancar kegiatan pengangkutan. PT. Semen Padang menggunakan dump truck Komatsu HD 785-7 dan Caterpillar 777 D untuk memindahkan material dari titik muat ke Crusher. Salah satu komponen penting dump truck dalam kegiatan pengangkutan adalah ban. Ban merupakan salah satu komponen penting karena ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan raya. Fungsi utama ban adalah untuk menahan beban kendaraan dan muatan yang bersinggungan dengan permukaan tanah, mengendalikan jalannya kendaraan dan meneruskan tenaga dari mesin. Sehingga pemilihan ban yang tepat menjadi faktor penting agar pengoperasian berjalan dengan lancar. Untuk meminimalkan risiko kerusakan ban, maka perlu dilakukan evaluasi kinerja ban dengan melakukan analisis parameter Key Performance Indicator (KPI). Yang digunakan untuk mengukur performa ban adalah Ton Kilometer Per Hour (TKPH), Tread Utilization Rated (TUR), Lifetime, dan kondisi pengangkutan. Jika nilai TKPH sebenarnya sudah melebihi rating TKPH, maka umur ban kurang optimal, karena sudah melewati batas ketahanan ban. Untuk nilai persentase tingkat tapak ban (TUR) aktual, semua ban yang digunakan pada unit dump truck di lokasi hams memiliki standar keamanan TUR 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:16
Last Modified: 02 Sep 2021 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33303

Actions (login required)

View Item View Item