Analisis Kesulitan Belajar Choukai Mahasiswa Tahun Angkatan 2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Putri, Fauziah (2021) Analisis Kesulitan Belajar Choukai Mahasiswa Tahun Angkatan 2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_FAUZIAH_PUTRI_17180004_2914_2021.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan bahasa Jepang keterampilan menyimak dikenal juga dengan istilah choukai. Namun bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Negeri Padang dalam pembelajaran choukai pasti ada kesulitan yang dialami mahasiswa yang ditinjau dari faktor intenal dan eksternal. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan ditemukan beberapa kesulitan dalam belajar choukai, oleh karena itu penulis bermaksud untuk meneliti dan mencari lebih lengkap faktor penyebab kesulitan belajar choukai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar choukai mahasiswa tahun angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian merupakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase. Dari hasil penelitian ini didapatkan faktor penyebab kesulitan belajar choukai mahasiswa yaitu, faktor internal 1) kondisi fisik mahasiswa yang sedang menurun atau dalam kondisi sakit, 2) pengalaman mahasiswa yang jarang membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan native speaker, faktor eksternal 1) faktor gaya bicara pembicara yang terlalu cepat atau tergesa-gesa, 2) faktor pembicara yang menggunakan hatsuon terlalu cepat menyebabkan mahasiswa kesulitanmenangkap informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:15
Last Modified: 02 Sep 2021 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33294

Actions (login required)

View Item View Item