Therapy Training for Special Teacher; Applied Behavior Analysis for Students with Autistik: Pelatihan Terapi Anak Autis Melalui Applied Behavior Analysis untuk Guru SLB

Iswari, Mega and Nurhastuti, Nurhastuti and Kasiyati, Kasiyati and Zulmiyetri, Zulmiyetri and Damri, Damri (2021) Therapy Training for Special Teacher; Applied Behavior Analysis for Students with Autistik: Pelatihan Terapi Anak Autis Melalui Applied Behavior Analysis untuk Guru SLB. Jurnal Lentera Negeri, 1 (2). pp. 1-4. ISSN Print: 2746-7988 dan Online: 27467996

[img]
Preview
Text
DAMRI_25-54-3-PB.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://journal.iicet.org/index.php/lentera/article...

Abstract

Tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat pelatihan terapi ini sengaja dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melatih anak autis agar mampu mengikuti pembelajaran di Sekolah luar Biasa maupun sekolah yang menyelenggarakan Pendidikan Inklusi. Metode dalam penyelenggaran PKM ini menggunakan multi metode yaitu metode ceramah, demonstrasi, praktek dan tanya jawab untuk menyajikan materi berkaitan dengan pelatihan terapi ini pada anak autis. Selanjutnya menggunakan metode demonstrasi, metoda latihan dan praktek berkaitan dengan materi tentang cara melakukan terapi ABA dengan memberikan tahapan berupa attending skills, keterampilan imitasi, keterampilan bahasa reseptif, keterampilan bahasa ekspresif, keterampilan pra akademik, dan keterampilan bantu diri.. Diharapkan guru-guru peserta pelatihan terapi dapat mendesiminasikan pengalamannya kepada guru lain di sekolah masing masing, serta mampu bekerja sama dengan guru SLB dan orang tua dalam pembelajaran pada anak autis di sekolah. Untuk mengetahui pencapaian sasaran dilakukan evaluasi dan monitoring pada tahap proses dan tahap evaluasi akhir yang berupa : (1) Kompetensi Guru-guru dalam Melaksanakan Terapi pada anak autis telah berhasil dengan baik. (2) guru mampu malatih kontak mata dengan anak autis dan, mampu melatih ketahanan duduknya. Melalui keterampilan imitasi, anak autis mampu mengenal berbagai macam benda, buah, sayuran, anggota tubuh, keluarga melalui media gambar. sedangkan keterampilan bahasa reseptif dan ekspresif anak mampu dan mengerti ketika guru memberikan perintah. (3) Semoga guru mampu mengembangkan potensi anak autis sesuai kemampuannya untuk hidup mandiri.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:29
Last Modified: 02 Sep 2021 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33291

Actions (login required)

View Item View Item