Implementasi Pendayagunaan Aset Sewa Tanah PT. KAI Divre II Sumbar Berdasarkan Peraturan Menteri BUMN No.Per-13/MBU/09/2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap BUMN

Mustafa, Bambang (2020) Implementasi Pendayagunaan Aset Sewa Tanah PT. KAI Divre II Sumbar Berdasarkan Peraturan Menteri BUMN No.Per-13/MBU/09/2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap BUMN. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_BAMBANG_MUSTAFA_754_14042039_2020.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan Pendayagunaan Aset Tetap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maka Menteri Badan Usaha Milik Negara mengeluarkan Peraturan Menteri nomor: PER-13/MBU/09/2014 tentang Pedoman Pendayagunaan Aset Tetap Badan Usaha Milik Negara. dengan adanya peraturan ini merupakan dasar hukum bagi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat untuk mengelola dan memberdayagunakan asetnya dengan cara menyewakan tanah aset yang dimiliki kepada masyarakat baik atas nama pribadi maupun berbadan hukum.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendayagunaan aset sewa tanah yang ada di PT.KAI Divre II Sumbar serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan tersebut. Metode Penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling dan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta dilakukan reduksi data agar bisa ditarik kesimpulan yang akurat dari data yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendayagunaan Aset Sewa Tanah PT.KAI Divre II Sumbar belum sepenuhnya efektif dilihat dengan model van meter van horn antara lain: standar dan sasaran kebijakan sudah jelas, sumber daya yang masih kurang memadai, komunikasi antara organisasi sudah cukup bagus, sikap pelaksana yang sudah cukup baik, lingkungan sosial,ekonomi dan politik yang sering bermasalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:13
Last Modified: 02 Sep 2021 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33280

Actions (login required)

View Item View Item