Pelaksanaan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sijunjung

Santika, Sasi Amelya (2020) Pelaksanaan Model Pembelajaran Word Square Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SASI_AMELYA_SANTIKA_1401_16058030_2020.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Sijunjung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan pelaksanaan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus memiliki beberapa tahapan, perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection), Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan setelah dilakukan beberapa tindakan pada siklus I pertemuan II, dan pada siklus ke II pembelajaran dengan model ini dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa dengan baik. Peningkatan terlihat setelah dilakukan tindakan pada masing-masing pertemuan dalam kedua siklus (I dan II). Pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 55,91% dengan kategori cukup, pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 69,01%, kemudian pada siklus II pertemuan I juga mengalami peningkatan 76,88% dengan kategori baik, dan pada siklus II pertemuan ke II meningkat menjadi 82,82% dengan kategori baik. Dari data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Word Square.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:12
Last Modified: 02 Sep 2021 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33268

Actions (login required)

View Item View Item