Nilai-nilai Akhlak Islam pada cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam Kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerpen bagi Siswa SMA

Triyulianti, Erina (2021) Nilai-nilai Akhlak Islam pada cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam Kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerpen bagi Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ERINA_TRI_YULIANTI_17016015_3211_2021.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai Akhlak Islam pada Cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam Kumpulan Cerpen Gergasi karya Danarto. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data peneitian ini yaitu satuan peristiwa berupa kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengidentifikasi nilai-nilai akhlak Islam berupa narasi narator mengenai tokoh, tindakan tokoh, dan tuturan tokoh pada latar cerita cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto. Sumber data penelitian yaitu kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto yang diterbitkan oleh Diva Press tahun 2016. Hasil penelitian pada cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto yaitu terdapat nilai-nilai akhlak Islam berupa akhak terhadap Allah, akhlak teradap diri sendiri, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. Secara keseluruhan ditemukan sebanyak 20 data nilai akhlak Islam pada cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto. Masing-masing nilai-nilai akhlak tersebut yakni 7 nilai akhak terhadap Allah, 2 nilai akhlak terhadap diri sendiri, 7 akhlak terhadap sesama manusia, dan 4 akhlak terhadap lingkungan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa cerpen Semak Belukar dan Kolam Merah dalam kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks cerpen bagi siswa SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:45
Last Modified: 01 Sep 2021 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33262

Actions (login required)

View Item View Item