Studi Evaluatif Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Pariaman

Susanti, Fetri Demi (2020) Studi Evaluatif Penerapan Strategi Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_PETRI_DEMI_SUSANTI_1446_16058004_2020.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Sosiologi masing-masing kelas menuntut strategi pembelajaran yang berbeda namun guru yang mengajar tidak berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pembelajaran Sosiologi oleh guru di SMAN 2 Pariaman, Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe evaluatif. Hasil penelitian menggungkapkan bahwa strategi pembelajaran Sosiologi yang diterapakan oleh guru di SMAN 2 Pariaman adalah strategi pembelajaran inquiri based learning dan problem solving based learning. Secara keseluruhan pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut dilakukan guru berbeda dengan strategi yang terdapat di dalam RPP, ketidaksesuaian ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran, kurangnya ketersediaan sumber belajar, kurangnya motivasi belajar siswa dan manajemen waktu oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran belum maksimal dan kemampuan guru dalam menguasai strategi pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pendapat Broke dan Stone adalam Cece Wijaya kemampuan guru sebagai gambaran hakikat kualitatif dari prilaku guru atau tenaga kependidikan yang sangat berarti sehingga hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini berguna sebagai pedoman dan masukan khususnya untuk guru mata pelajaran Sosiologi dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:44
Last Modified: 01 Sep 2021 04:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33255

Actions (login required)

View Item View Item