Gaya Bahasa Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye Jenis, Fungsi, Makna dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Shintia, Ayu (2021) Gaya Bahasa Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye Jenis, Fungsi, Makna dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AYU_SHINTIA_16016091_3311_2021.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut.Pertama, jenis gaya bahasa dalam novel Si Anak Badaikarya Tere Liye.Kedua, fungsi gaya bahasa dalam novel Si Anak Badaikarya Tere Liye.Ketiga, makna gaya bahasa dalam novel Si Anak Badaikarya Tere Liye. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Datadalampenelitian ini berupa kata, frasa, klausa atau kalimat yang berhubungan dengan gaya bahasa yaitu, jenis, fungsi, dan makna dalam novel Si Anak Bada karya Tere-Liye. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Instrumentasi dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrument utama. Selanjutnya, teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, menginterpretasi dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan gaya bahasa dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Hasil penelitian dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye terdapat gaya bahasa dapat disimpulkan sebagai berikut.Pertama, terdapat jenis gaya bahasa dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye yang dibedakan atas empat, yaitu yaitu perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Gaya bahasa perbandingan berjumlah 26 data. Gaya bahasa pertentangan berjumlah 30 data. Gaya bahasa pertautan berjumlah 48 data. Gaya bahasa perulangan berjumlah 23 data. Kedua, fungsi gaya bahasa dalam novel SI Anak Badai karya Tere Liye terdiri atas lima, yaitu mengkongkretkan, menegaskan, menghaluskan, memperindah, dan menyindir. Fungsi gaya bahasa mengkongkretkan berjumlah 56 data. Fungsi gaya bahasa menegaskan berjumlah 27 data. Fungsi gaya bahasa menghaluskan berjumlah 3 data. Fungsi gaya bahasa memperindah berjumlah 14 data. Fungsi gaya bahasa menyindir berjumlah 27 data. Ketiga, makna gaya bahasa dalam novel SI Anak Badai karya Tere Liye terdiri atas dua, yaitu denotatif dan konotatif. Makna denotatif berjumlah 77 data. Makna gaya bahasa konotatif berjumlah 50 data. Simpulan dari hasil penelitian dalam novel SAB karya Tere Liye ditemukan 127 data jenis gaya bahasa. Fungsi gaya bahasa yang digunakan pengarang lebih dominan menggunakan fungsi gaya bahasa mengkongkretkan. Makna gaya bahasa yang digunakan oleh pengarang menggunakan makna gaya bahasa denotatif. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran teks novel di kelas XII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:42
Last Modified: 01 Sep 2021 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33225

Actions (login required)

View Item View Item