Pengaruh Usia, Religiusitas Terhadap Keyakinan Etis Pada Akuntan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi S1 di Kota Padang)

Pratama, Azhari (2021) Pengaruh Usia, Religiusitas Terhadap Keyakinan Etis Pada Akuntan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi S1 di Kota Padang). Working Paper. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AZHARI_PRATAMA_16043130_2197_2021.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: sejauhmana usia berpengaruh terhadap keyakinan etis seseorang, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh antara religiusitas terhadap keyakinan etis pada mahasiswa akuntansi di kota padang. Serta melihat perbedaan keyakinan etis antara mahasiswa tingkat awal dengan mahasiswa tingkat akhir. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana para responden merupakan mahasiswa yang masih aktif di universitas negeri dan swasta di kota padang. Kemudian mahasiswa juga dikategorikan menjadi tingkat awal dan tingkat akhir serta harus memenuhi syarat telah lulus mata kuliah audit. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 356 orang responden yang didapat dengan menggunakan rumus slovin dari total populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Kuesioner yang telah dikumpulkan dan di isi secara lengkap akan dilakukan pengolahan data. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa usia berpengaruh positif terhadap keyakinan etis pada akuntan dengan nilai thitung 3,739 < ttabel 1,960 dapat dikatakan hipotesisi pertama diterima. Sedangkan hasil pengujian religiusitas diketahui tidak berpengaruh positif terhadap keyakinan etis akuntan. Dengan nilai thitung -4,900 > ttabel 1,960. Sehingga dapat dikatakan hipotesis kedua ditolak. Dari hasil pengolahan data juga diketahui terdapat perbedaan keyakinan etis antara mahasiswa tingkat awal dengan mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini juga membuktikan konsep teori moral kognitif yang dikembangkan oleh Kohlberg.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:58
Last Modified: 31 Aug 2021 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33207

Actions (login required)

View Item View Item