Pengaruh strategi bisnis, financial leverage terhadap Manajemen laba dengan corporate governance sebagai Variabel moderasi.

Dwi Wanri, Husnaini (2021) Pengaruh strategi bisnis, financial leverage terhadap Manajemen laba dengan corporate governance sebagai Variabel moderasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HUSNAINI_DWI_WANRI_16043043_1609_2021.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi bisnis danfinancial leverage yang dimoderasi oleh corporate governance dalam memprediksi tindakan manajemen laba riil. Jenis penelitian ini adalah asosiatifkausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Burasa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, terdapat 80 perusahaan manufaktur yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel startegi bisnis diukur dengan model strategi kepemimpinan biaya untuk tahun berjalan. Variabel manajemen laba riil dihitung dengan mengagregasikan faktor-faktor pemicu manajemen laba riil yakni, manipulasi penjualan, overproduksi dan pengeluaran diskresioner. Variabel leverage dihitung dengan debt to asset ratio dan variabel moderasi diukur dengan persentase kepemilikan saham oleh pihak manajerial. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi masing-masing perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis, financial leverage berpengaruh signifikan positif dalam tindakan manajemen laba riil, CG bukan merupakan variabel moderasi strategi bisnis, leverage terhadap manajemen laba riil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:46
Last Modified: 31 Aug 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33200

Actions (login required)

View Item View Item