Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Size Perusahaan Terhadap Timeliness Laporan Keuangan(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019.

Derianto, Fery (2021) Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Size Perusahaan Terhadap Timeliness Laporan Keuangan(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FERY_DERIANTO_1202581_1301_2021.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Ketepatwaktuan (timeliness) pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Ketepatan waktu merupakan informasi yangsiap untuk digunakan sebelum kehilangan makna oleh perusahaan yangmemakai laporan keuangan serta kapasitasnya masih tersedia dalam pengambilan keputusan. Faktor determinan pada penelitian ini adalah profitabilitas, solvabilitas dan ukuran perusahaan. Dengan menggunakan metode purposive sampling, didapatkan sampel penelitian sejumlah 30 perusahaan. Variabel dependen penelitian ini adalah ketepatwaktuan (timeliness) diukur berdasarkan tanggal penyampaian laporan keuangan tahunan auditan ke BAPEPAM dengan menggunakan variabel dummy.Variabel independen pada penelitian ini adalah profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan(firm size). Profitabilitas diukur dengan menggunakan return onassets (ROA), solvabilitas diukur dengan rasio debt to assets ratio (DAR), dan ukuran perusahaan diukur dari log natural dari total aset.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah rasio solvabilitas memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:46
Last Modified: 31 Aug 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33194

Actions (login required)

View Item View Item