Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis“Contextual Teaching and Learning pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungn untuk Peserta DidikKelas X

Syukri, Syukri (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis“Contextual Teaching and Learning pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungn untuk Peserta DidikKelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SYUKRI_177058_2798_2021.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti dengan mewawancarai tiga orang guru biologi dan pemberian angket, diperoleh data bahwa bahan ajar yang digunakan peserta didik berupa buku teks dan modul guru yang belum dikembangkan. Bahan ajar berupa modul yang digunakan peserta didik belum memiliki suatu pendekatan pembelajaran, bahan ajar yang digunakan kurang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak terpusat pada peserta didik, bahan ajar yang digunakan kurang mampu membantu peserta didik untuk melakukan eksplorasi dalam mengamati dan menghubungkan fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, bahan ajar tersebut kurang memotivasi peserta didik untuk merespon makna yang terkandung dalam materi yang disampaikan dan sumber belajar belum memadai dari jumlah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ekologi dan perubahan lingkungan berbasis CTL (contextual teaching and learning). Jenis penelitian ini adalah pengembangandengan menggunakanmodel Plomp. Tahap pengembangan Plomp terdiri dari investigasi awal, pengembangan prototype dan penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Pagai Utara Selatan Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis CTL pada materi ekologi dan perubahan lingkungan untuk peserta didik sangat valid, dilihat dari aspek didaktik, konstruk, teknis, dan bahasa memperoleh skor 83,33%, 78,57%, 80,00 dan 83,33% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul Biologi berbasis CTL (contextual teaching and learning) memperoleh kategori sangat valid sehingga layak digunakan selama proses pembelajaran dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:38
Last Modified: 30 Aug 2021 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33173

Actions (login required)

View Item View Item