Peran Relawan Demokrasi dalam Mensosialisasikan Pemilihan Umum Serentak 2019 pada Pemilih Lanjut Usia Di Kenagarian Koto Baru”

Rosalina, Rosalina (2020) Peran Relawan Demokrasi dalam Mensosialisasikan Pemilihan Umum Serentak 2019 pada Pemilih Lanjut Usia Di Kenagarian Koto Baru”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_ROSALINA_155_15052044_2020.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran, kendala dan upaya relawan demokrasi dalam mensosialisasikan pemilihan umum serentak 2019 pada pemilih lanjut usia di Kenagarian Koto Baru. Penelitian ini dilakukan di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling . Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relawan demokrasi dalam mensosialisasikan pemilihan umum serentak 2019 pada pemilih lanjut usia di Kenagarian Koto Baru memiliki peran sebagai mitra KPU dalam memberikan sosialisasi tentang pemilu serentak 2019 dan sebagai agen pendidikan pemilih. Adapun kendala yang ditemui oleh relawan demokrasi dalam sosialisasi pemilu serentak 2019 pada pemilih lanjut usia di Kenagarian Koto Baru adalah keterbatasan fisik dari lansia dan sebagian masyarakat mengalami krisi kepercayaan terhadap calon pemimpin. Upaya yang dilakukan oleh relawan demokrasi untuk mengatasi kendala tersebut adalah menyampaikan informasi tentang pemilu dengan berulang-ulang, dan secara individu serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat untuk selektif dalam menggunakan hak pilihnya serta memberikan himbauan kepada lansia agar tidak mudah terpengaruh oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan atau melakukan kecurangan dalam pemilu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:20
Last Modified: 27 Aug 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33140

Actions (login required)

View Item View Item