Orientasi Politik Santri pada Pemilihan Umum Tahun 2019 (Studi di Pondok Pesantren Darul Ulum Kelurahaan Aia Pacah Kota Padang)

Farzianto, Ronnie (2020) Orientasi Politik Santri pada Pemilihan Umum Tahun 2019 (Studi di Pondok Pesantren Darul Ulum Kelurahaan Aia Pacah Kota Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_RONNIE_FARZIANTO_742_15052089_2020.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orientasi politik santri pada pemilihan umum tahun 2019 (Studi di Pondok Pesantren Darul Ulum di Kelurahaan Aia Pacah Kota Padang). Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian seandiri berada di Pondok Pesantren Darul Ulum Kelurahaan Aia Pacah Kota Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitaian ini adalah tes berbentuk essay, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan metode skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa orientasi politik santri memiliki tiga orientasi dimana orientasi pertama yaitu orientasi kognitif, orientasi kognitif merupakan pemahaman atau pengetahuan mengenai pemilihan umum yang memperoleh rata-rata persentase yaitu dengan angka sebesar 61.05%. Dengan hasil rata-rata ini menunjukan pada orientasi kognitif santri pada pemilihan umum masih rendah, terlihat bahwa santri kurang memahami pengetahuan tentang pemilu. Untuk orientasi afektif sendiri merupakan sikap atau tindakaan santri pada pemilihan umum rata-rata persentase pada orientasi ini sebesar 48.56%. Hasil ini menunjukan bahwa orientasi afektif santri masih rendah, dengan rendahnya sikap santri pada pemilu akan menimbulkanya sikap apatis dari santri tersebut. Orientasi ketiga yaitu orientasi evaluatif, orientasi evaluatif merupakan penilaian santri terhdap pemilu baik itu pelaksanaannya maupun badan atau lembaga yang menyelenggarakan pemilu dimana rata-rata persentase dari orientasi ini yaitu sebesar 7025%. Hal ini menunjukan bahwa santri memiliki penilaian terkait pelaksanaan pemilu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:20
Last Modified: 27 Aug 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33139

Actions (login required)

View Item View Item