Persepsi Siswa Terhadap Fungsi Perpustakaan Sejarah di SMA Adabiah Padang.

Oktaviana, Silvia (2021) Persepsi Siswa Terhadap Fungsi Perpustakaan Sejarah di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SILVIA_OKTAVIANA_15046010_2794_2021.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi tentang masalah disekolah mengenai persepsi siswa terhadap fungsi perustakaan sejarah di SMA Adabiah Padang. Keberadaan perpustakan sejarah sangat mendukung peserta didik dalam meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan dibidang sejarah. Banyak siswa yang kurang mengunjungi perpustakaan sejarah yang ada disekolah, hal ini di karenakan siswa yang tidak memanfaatkan perpustakaan sejarah dan siswa belum memiliki persepsi positif secara maksimal terhadap konsep perpustakaan, karena persepsi mempengaruhi perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMA Adabiah Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 86 siswa yang dibagikan angket, hal ini di peroleh menggunakan rumus SLOVIN. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara menggunakan persentase (%). penguatan data yang didapat juga diolah capaian diperoleh masing-masing responden menggunakan rumus TCR. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi siswa terhadap perpustakaan sejarah di SMA Adabiah Padang yaitu 71% berkategori baik. hal ini dijelaskan dari masing-masing fungsi perpustakaan, 1) fungsi edukatif 73% berkategori baik, 2) fungsi informatif 66% berkategori baik, 3) fungsi rekreatif 73% berkategori baik, 4) fungsi riset 80% berkategori lebih baik dan merupakan persentase tertinggi dari 4 fungsi tersebut. kesimpulan dari peneltian ini adalah bahwa pesepsi siswa terhadap perpsutakaan sejarah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap perpustakaan sejarah di SMA Adabiah Padang sudah baik, tetapi ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana berdasarkan fungsi perputakaan, kurangnya informasi yang di dapat siswa terhadap pihak sekolah, sehinga siswa kurang mengetahui tentang perpustakaan sejarah yang ada disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:14
Last Modified: 26 Aug 2021 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33119

Actions (login required)

View Item View Item